Selasa, 29 November 2011

Materi Search Engine

SEARCH ENGINE, BROWSING & SEARCHING



Search Engine :
Search Engine / mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi atau menemukan file-file yang terdapat dalam website-website di internet. Sehingga Search Engine merupakan sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.

Fungsi Search Engine :
Untuk memudahkan mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb. dengan mudah dan cepat. Untuk mencari informasi tertentu dapat dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci yang dimaksud,sehingga akan ditampilkan pada hasil pencarian yang berupa website website asli dimana informasi tersebut berada.

Web browser yang menyediakan layanan Search Engine :
Banya web browser yang menyediakan layanan Search Engine, namun mesin pencari yang cukup populer antara lain :
Google, Yahoo!, Alltheweb, MSN, AskJeeves, AltaVista, dan Lycos. 

Google:
(www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya

Yahoo!
(www.yahoo.com)
Yahoo! menyediakan search.yahoo.com. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri.

Alltheweb
www.alltheweb.com
 
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file. 



MSN
http://search.msn.com
  
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo!

AskJeeves
http://www.ask.com 
   
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya  untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan  kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk  mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).
AltaVista
(www.altavista.com)  

Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Lycos
http://www.lycos.com  
 
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 




Browsing dan Searching

Ø  BROWSING
Browsing diartikan sebagai suatu aktivitas berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet, dengan kata lain menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll. Secara spesifikasi Browsing itu adalah menjelajahi dunia maya dengan menggunakan alamat yang ingin kita cari, misalnya : yahoo.com.
Ø  SEARCHING
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.

Tips & trik untuk browsing yang efektif ?

1.       Gunakan search engine yang tepat.
Seba­gian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan dari­pada hasil pen­car­ian yang sesung­guh­nya. Dis­amp­ing itu, banyak pula pen­gelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi men­gup­date data­basenya. Untuk saat ini, Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) meru­pakan pil­i­han yang pal­ing terpercaya.
2.       Jan­gan gunakan key­word yang ter­lalu umum.
Bayangkan, berapa banyak hasil pen­car­ian yang akan diper­oleh apa­bila hanya mema­sukkan kata kunci (gitar) dalam mesin pen­cari. Akan berbeda hasil­nya apa­bila hanya meng­gu­nakan kata kunci berupa gitar dari jenis ataupun merek tertentu.
3.       Masukkan key­word secara singkat namun jelas.
Banyak orang mema­sukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga men­ga­caukan hasil pen­car­ian. Menuliskan kata kunci seperti biog­ra­phy of rider Valentino Rossi, akan men­gelu­arkan setumpuk hala­man yang sama sekali tidak berhubun­gan den­gan apa yang dicari diband­ingkan den­gan key­word yang lebih seder­hana, mis­al­nya Rossi biog­ra­phy. Dis­amp­ing itu, per­hatikan ejaan dari kata kunci yang dima­sukkan. Kesala­han ejaan pada kata kunci dapat menye­babkan hasil yang akan diper­oleh jauh dari harapan.
4.       Gunakan oper­a­tor Boolean.
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, den­gan kom­bi­nasinya akan san­gat mem­bantu men­e­mukan situs-situs yang lebih spe­si­fik. Mis­al­nya pada key­word Rossi AND biog­ra­phy NOT motogp akan mem­bawa anda ke hala­man yang mem­ba­has ten­tang biografi Valentino Rossi dan menghin­dari masuknya hala­man ten­tang race motogp den­gan nama yang sama pada hasil pen­car­ian tersebut.
5.       Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.
Beber­apa search engine men­syaratkan peng­gu­naan tanda kutip untuk menun­jukkan satu frase kali­mat. Mis­al­nya, peng­gu­naan kata kunci Rossi Biog­ra­phy den­gan “Rossi Biog­ra­phy” akan mem­berikan kelu­aran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikom­bi­nasikan den­gan oper­a­tor Boolean untuk men­da­p­atkan hasil yang lebih spe­si­fik, mis­al­nya “Rossi Biog­ra­phy” AND launch.
6.       Man­faatkan fitur khusus dari search engine anda.
Beber­apa search engine tidak hanya menye­di­akan fasil­i­tas untuk pen­car­ian artikel, namun juga file-file mul­ti­me­dia seperti gam­bar, MP3, dan bahkan reka­man video. Semen­tara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) men­gir­imkan per­in­tah pen­car­ian ke beber­apa search engine sekali­gus dan menampilkan hasil­nya dalam satu hala­man. Anda dapat mem­pela­jari fitur-fitur khusus pada search engine favorit anda untuk mengek­sploitasi peng­gu­naan­nya secara maksimal.
7.       Gunakan fungsi “Find” pada browser.
Ketika search engine menampilkan hala­man­ter­tentu, belum tentu akan lang­sung dite­mukan apa yang sebe­narnya dicari. Anggaplah upaya pen­car­ian biografi Valentino Rossi yang dilakukan mem­bawa anda ke hala­man Apa dan Siapa di bagian motogp pada situs ini. Jan­gan lan­tas kebin­gun­gan dulu ketika di hala­man ini anda tidak men­e­mukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan /Rossi/. Nah, kini anda bisa mem­baca artikel ten­tang Valentino Rossi yang anda cari-cari itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar